Cara Unlock Bootloader Xperia

Bootloader adalah sebuah komponen yang ada di ponsel yang pertama kali akan mengawali proses pada saat kita menyalakan ponsel. Jika ponsel kita masih baru atau belum pernah di root, maka secara default bootloader di ponsel xperia masih terkunci atau lock. Jika kita ingin mengubah atau memodifikasi OS atau settingan yang berkaitan dengan system yang ada pada android, kita harus mengunlock bootloader di ponsel xperia kita.

sebelum di unlock, baiknya dicek dulu apa ponsel nya bisa diunlock. caranya:
1. Masuk ke menu telepon, trus ketik *#*#7378423#*#* dan tunggu bentar. ntar muncul menu konfigurasi dan juga tes layanan ponsel.
2. Pada menu-menu tersebut akan terdapat menu Service info.Pilih service info, kemudian Configuration > Rooting status. kalo ada tulisan Bootloader unlocked allow=YES

 3. Jika yes, maka ponsel anda bisa di unlock bootloader. Namun jika tulisannya adalah no, maka ponsel anda tidak bisa di unlock bootloader atau belum resmi diijinkan pihak Sony.

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum unlock bootloader:

-Ponsel Xperia.
-PC / Laptop.
-Kabel USB.
-Software fastboot.

Cara Unlock Bootloader Xperia:
1. Buka website resmi milik Sony untuk register nomor IMEI ponsel. --> http://unlockbootloader.sonymobile.com/
Kemudian scroll pada bagian yang paling bawah. Klik pada Start unlocking the boot loader.
2. Kemudian scroll pada bagian yang paling bawah. Klik pada Start unlocking the boot loader.
 3. Kita akan dibawa pada halaman selanjutnya. Disana terdapat beberapa instruksi.disana ada beberapa instruksi. silakan dibaca2 dulu.
Scroll sampai ke halaman yang paling bawah, trus klik Continue.
 4. Ada peringatan dari Sony. klik Yes, I’m sure.
 5. trus ada perintah untuk menyetujui TOS. centang kedua ceklist, kemudian klik I accept.
6. next.. isi Nama.
7. isi nomor IMEI, isikan 14 digit IMEI ponselnya. Untuk mengeceknya tekan *#06#

8. Isi juga alamat e-mail , kemudian klik Submit.
9.cek email. karena Sony akan mengirimkan kode untuk unlock boot loader ponsel. Catat kode nya dan simpan. soalnya ntar bakal kepake.
10. Sebelum melakukan unlock bootloader, backup data yang ada di ponsel ke memori eksternal soalnya pas unlock bootloader, maka ponsel akan di reset datanya seperti kontak, dan lainnya.
sekarang kita mulai unlockbootloadernya.
11. kalo udah dibackup, matiin ponsel. kemudian masuk ke fastboot mode. Biasanya dilakukan dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan di ponsel. Dalam beberapa kasus, ponsel xperia rata-rata harus menekan tombol volume up sambil mencolokkan ponsel ke PC. Namun ada juga yang menggunakan tombol menu.
12. Sambungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB.
Pada computer, buka folder software fastboot. Kemudian arahkan kursor pada ruang kosong yang ada di dalam folder fastboot. Tekan Shift sambil menekan klik kanan pada mouse. Pilih open command window here.
 13. Pada jendela Command prompt, cek apakah ponsel xperianya sudah terdeteksi oleh computer dengan mengetikkan perintah berikut ini: fastboot.exe -i 0x0fce getvar version

14. Jika sudah berhasil terdeteksi dengan baik, maka sekarang saatnya untuk unlock bootloader ponsel. Silakan ketikkan perintah berikut ini di
Command Prompt: fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xKEY
KEY disini adalah key yg td didapat dr email yg dikirim oleh sony.

15.tunggu beberapa saat. Jika terdapat pesan OKAY, maka itu tandanya ponsel xperia sudah berhasil di unlock boot loadernya.
kalo udah, cabut kabel USB ponsel dari computer, kemudian nyalakan ponselnya. sekarang XPERIA nya udah unlock bootloader

NB: kalau bootlop coba diflash lagi,lalu dicek biasanya sudah terunlock,soalnya saya bootlop dulu...heeheh
ni hasilnya setelah bootlop
0 Komentar untuk "Cara Unlock Bootloader Xperia"
 
Copyright © 2014 suka_suka - All Rights Reserved
Template By Catatan Info